Pages

Wayang Indonesia



WAYANG INDONESIA



PUNAKAWAN
Punakawan adalah karakter yang khas dalam wayang Indonesia. Mereka melambangkan orang kebanyakan. Karakternya mengindikasikan bermacam-macam peran, seperti penasihat para ksatria, penghibur, kritisi sosial, badut bahkan sumber kebenaran dan kebijakan. Dalam wayang Jawa karakter punakawan terdiri atas Semar, Gareng, Bagong, dan Petruk. Dalam wayang Bali karakter punakawan terdiri atas Malen dan Merdah (abdi dari Pandawa) dan Delem dan Sangut (abdi dari Kurawa). Kali ini saya akan membahas Punakawan dalam wayang Jawa.
Istilah punakawan berasal dari kata pana yang bermakna “paham”, dan kawan yang bermakna “teman”. Maksudnya ialah, para panakawan tidak hanya sekadar abdi atau pengikut biasa, namun mereka juga memahami apa yang sedang menimpa majikan mereka. Bahkan seringkali mereka bertindak sebagai penasihat majikan mereka tersebut. Punakawan dapat pula diartikan seorang pengasuh, pembimbing yang memiliki kecerdasan fikir, ketajaman batin, kecerdikan akal-budi, wawasannya luas, sikapnya bijaksana, dan arif dalam segala ilmu pengetahuan. Ucapannya dapat dipercaya, antara perkataan dan tindakannya sama, tidaklah bertentangan. 




SAKUTREM



ABIMANYU


PRABU PARIKESIT


PRATIPA

PRABU SENTANU


DESTRARASTRA

DURYUDANA/ SUYUDANA

DURSASANA


DURMAGATI


PALASARA


ABIYASA


DEWABRATA (BISMA)


PANDU


YUDHISTIRA /PUNTADEWA /SAMIAJI


BIMA /WERKUDARA/ BROTOSENO

JAYADRATA


ARJUNA / JANAKA/ PERMADI



NAKULA/PINTEN



SADEWA/TANGSEN


GURU DRONA/ DURNA


JAGAL  ABILAWA/BALAWA ( PENYAMARAN BIMA)




BATARA KALA 


GURU PARASURAMA / RAMA BARGAWA



ARIMBI



BANOWATI



DRUPADI/ PANCALI



GENDARI




PRITA /DEWI KUNTI


Ayooo..kita jaga dan lestarikan budaya Indonesia !! Jangan sampai lepas dari bumi Indonesia tercinta !!



Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 14 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

@velisia PD : kamu bener, tp menurutku meskipun nama-nama wayang itu sudah disertakan pembaca mungkin mendapatkan kesulitan untuk mengetahui setidaknya termasuk golongan apa saja wayang2 tsb.
Jadi, akan lebih baik jika wayang2 tsb dibagi menurut jenis/golongannya. Karena jujur saja, saya belum hafal tokoh2 wayang menurut ciri, golongan dan kisahnya karena seringnya saya terbalik-balik, bu :D :D
@Dea : Wah wah wah give applause!! seharusnya dengan melihat fakta itu, bangsa Indonesia khususnya generasi kita lebih bangga memiliki warisan budaya yang sudah diakui dunia seperti wayang.
ayo teman! lestari dan cintai wayang dan warisan budaya Indonesia lainnya sebelum kau menangis kehilangan untuk selamanya..

Rahma Fardiana mengatakan...

Unik, menarik, beragam, inilah khas Indonesia yang harus tetap kita lestarikan hingga mati. warisan luhur yang harus kita jaga, kita lestarikan, kita rawat, agar tragedi batik tidak terulang kembali. Indonesia Unik!!!!!!!!

*Rahma Fardiana / XII IPA 1 / 28 *

Unknown mengatakan...

Wayang, ya itulah salah satu kesenian yang berasal dari Indonesia yang turut memperkaya kebudayaan Indonesia.
Dari wayang-wayang tersebut kita bisa menikmati keindahannya. Tidak hanya itu, kita juga akan memperoleh manfaat dari pertunjukan wayang yaitu berupa pesan moral yang bisa diterapkan dalam kehidupan kita, perwatakan pada wayang pun bisa kita contoh.
Mahanani Retnaningtyas / XII IPA 3/ 22

Unknown mengatakan...

Wayang adalah salah satu budaya kita yang sangat unik, bagus, menarik terutama nilai seni wayang itu sendiri sungguh indah. Dari cerita wayang juga kita dapat mengambil banyak amanat ( pesan yang positif ) yang dapat kita terapkan pada kehidupan sehari-hari. sebagai generasi penerus bangsa, mari kita jaga dan lestarikan wayang serta cerita wayang milik bangsa Indonesia. ayoo semua, lestarikan wayang serta ceritanya.. Cinta wayang.. Cinta cerita wayang.. Cinta Indonesia,, ;)

Dwi Sholehatun ( XII IPA 5 / 14 )

Zhea mengatakan...

bu, kalau saya boleh usul, bagaimana kalau lampiran2 ibu yg memuat foto2, di setting secara horizontal, jangan vertikal, bu. karena kalau menurut saya pribadi, tampilan foto2 memang lebih bagus secara horizontal (mendatar) karena bisa memuat banyak foto sekaligus...
mungkin ini saran saya, bu.
maaf dan terimakasih sebelumnya... ^_^

*risda amanda_xii ips 3

Zhea mengatakan...

menurut ibu, diantara sekian banyak tokoh pewayangan, manakah tokoh pewayangan yg paling mencerminkan sifat 'patriotisme' ??
terimakasih sebelumnya... ^_^

*risda amanda (25) xii-ips-3*

Eva mengatakan...

Sungguh alangkah indahnya bila kita tetap melestarikannya..
Eva Herawati W / XII IPS 4

Unknown mengatakan...

Ibu, kalo tidak salah ini adalah tokoh pewayangan dalam cerita Mahabarata bukan Bu? :)
Kalo boleh saran, saya ingin menyarankan, tolong dipostkan cerita-cerita wayang yang ada di Indonesia dari cerita pewayangan Mahabarata mungkin BU... hehe

Oh iyya Bu, selain itu saya juga menyarankan kalau bisa tolong dipostkan tentang Batik Purbalingga yang memang kini hampir punah, kami selaku orang Purbalingga sudah banyak yang tidak mengetahui tentang Batik asli Purbalingga. Terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Jujur saja, saya kurang memahami masalah wayang karena biasanya bahasanya yang kurang dimengerti dan bentuk muka dari setiap tokoh wayang banyak yang mirip sehingga sulit dibedakan. Walaupun begitu, saya tetap mencintai budaya wayang karena keunikannya dan banyak pesan moral yang disampaikan dalam cerita wayang. Sayangnya,kini sudah jarang diadakan pertunjukan wayang di setiap daerah, semoga saja wayang akan tetap lestari dan dapat dipertunjukkan setiap minggunya.
Zain Azmii N.F/ XII IPA 3/ 33

Unknown mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Unknown mengatakan...

Benar bu, wayang termasuk budaya jawa yang adi luhung. Wayang tersebut menggambarkan kehidupan manusia di dunia, dimana dalam ceritanya mengandung unsur sebagai hiburan dan penuh unsur pendidikan pula. Kita sebagai generasi muda hendaknya bisa mengambil hikmah dari cerita wayang tersebut.. dan jangan lupa untuk selalu melestarikannya..
Terima kasih bu atas postingannya..

*Taranida Hanifah XII IPA 4/28*

ahmad wahyudin mengatakan...

Mari lestarikan rumah-rumah tradisional jawa limasan, joglo dan kampung, jangan sampai keberadaanya tergeser oleh rumah2 modern.
Kami menjual dan membangun kembali rumah-rumah jawa tradisional seperti joglo, limasan dan kampung, kami juga melayani bongkar pasang dan paket pembangunan rumah jawa siap huni

jual rumah limasan mengatakan...

rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
rumah antik
moreskin
jam tangan terbaru

cKAja mengatakan...

Postingannya bagus.
trims

Posting Komentar