Pages

SEMANGAT KEBANGSAAN, NASIONALISME DAN PATRIOTISME DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA.





SEMANGAT KEBANGSAAN, NASIONALISME DAN PATRIOTISME DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA.

Standar Kompetensi :
Memahami Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan RI

Kompetensi Dasar :
1.4. Menunjukkan semangat kebangsan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Indikator :
1.      Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2.      Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
3.      Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4.      Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia      

Materi Pembelajaran

1.      Makna Semangat kebangsaan
Nasionalisme adalah perasaan satu keturunan, senasib, sejiwa dengan bangsa dan tanah airnya. Nasionalisme yang dapat menimbulkan perasaan cinta kepada tanah air disebut patriotisme.
Nasionalisme dibedakan menajdi dua yaitu :
a. Nasionalisme dalam arti luas yaitu perasaan cinti / bangga   terhadap tanah air dan bangsanya dengan tidak memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya.
b. Nasionalisme dalam arti sempit yaitu perasaan cinta/bangga terhadap tanah air dan bangsanya secara berlebihan dengan memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya.
Nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang berdasarkan Pancasila yang selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negar di atas kepentingan pribadi dan golongan. Nasionalisme Indonesia adalah perasaan bangga/cinta terhadap bangsa dan tanah airnya dengan tidak memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya. Dalam membina nasionalisme harus dihindarkan paham kesukuan chauvinisme, ekstrimisme, kedaulatan yang sempit. Pembinaan nasionalisme juga perlu diperhatikan paham kebangsaan yan gmengandung penegrtian persatuan dan kesatuan Indonesia, artinya persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.
Patriotisme berasal dari kata patriot yang berati pecinta/pembela tanah air. Patriotisme diartikan sebaga isemangat/jiwa cinta tanah air yang berupa sikap rela berkorban untuk kejayaan dan kemakmuran bangsanya. Patriotisme tidak hanya cinta kepada tanah air saja, tapi juga cinta bangsa dan negara. Kecintaan terhadap tanah air tidak hanya ditampilkan saat bangsa Indonesia terjajah, tetapi juga diwujudkan dalam mengisi kemerdekaan.
Ciri-ciri patriotisme :
a.       Cinta tanah air
b.      Rela berkorban untuk kepentingan nusa dan bangsa
c.       Menempatkan persatuan, kesatuan dan keselamatan bansga dan negara di atas kepentingan pribaadi dan golongan
d.      Bersifat pembaharuan
e.       Tidak kenal meneyrah
f.       Bangga sebagai bangsa Indoensia.
Nasionalisme dan patriotisme sangat penting bagi kelestarian kehidupan bangsa Indonesia. Hal ini mengingat kondisi :
a.          Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk atau keanekaragaman dalam suku, ras, golongan, agama, budaya dan wilayah.
b.         Alam Indonesia, dimana  kepualauan nusantara terletak pada posisi silang yang dapat mengandung kerawanan bahaya dari negara lain.
c.          Adanya bahaya disintegrasi (perpecahan bangsa) dan gerakan separatisme (gerakan untuk memisahkan diri dari suatu bangsa), apabila pemerintah tidak bersikap bijaksana.

Semangat kebangsaan dapat diwujudkan dengan adanya sikap patriotisme dan nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. Warga negar yang emmiliki semangat  kebansgaan yang tinggi akan memiliki nasionalisme dan patriotisme yang tinggi pula.

2.      Perwujudan Nasionalisme dalam Kehidupan
Perwujudan nasionalisme dan patriotisme bagi bangsa Indonesia dapat dilihat dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia antara lain :
a.       Sebelum Masa Kebangkitan Nasional
Perjuangan bangsa Indonesia untuk membela tanah air atau jiwa patriotisme sebelum kebangkitan nasional, masih bersifat kedaerahan, tergantung pada pemimpin, belum terorganisir dan tujuan perjuangan belum jelas.
b.      Masa Kebangkitan Nasional
Perjuangan bangsa Indoensia tidak lagi bersifat kedaerahan, tapi bersifat nasional. Perjuangan dilakukan dengan cara organisasi modern, dimana sejak berdirinya Budi Utomo merupakan titik awal  kesadaran nasionalisme. Masa ini disebut angkata nperintis, sebab disamping merintis kesadaran nasional juga merintis berdirinya organisasi.   
c.       Masa sumpah pemuda
Sumpah pemuda merupakan tonggak sejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia. Yang jelas dan tegas dalam menuntut kemerdekaan bagi bngsa Indonesia. Sumpah pemuda mengandung nilai yang sangat tinggi yaitu nilai persatuan dan kesatuan yan gmerupakan modal perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Masa ini d sebut angkatan penegas, sebab angkatan inilah yang menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam berjuang mencapai kemerdekaan.
d.      Masa proklamsi kemerdekaan
Proklamasi kemerdekaan merupakan titik kulminasi (puncak) perjuangan bangsa Indoensia, juga merupakan  wujud perjuangan yan gberdasarkan persatuan Indonesia. Oleh karena itu, semangat kebangsaan, semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang mengantarkan Indoensis mencapai tonggak sejarah yang paling fundamental harus kita jaga dan kita pertahankan. Proklamasi  kemerdekaan merupakan jembatan emas yan gakan mengantarkan bangsa Indoensia menuju cita-cita nasional yaitu masyarakat yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur.

Perwujudan semangat kebangsaan dan patriotisme yang berupa sika prela berkorban untuk kepentingan tanah air, bangsa dan negara sebagai tempat hidup dan kehidupan dengan segala apa yan gdimiliki, akan memperkuat pertahanan dan keamanan nasional, proklamasi kemerdekan yan gdicita-citakan telah terwujud, berkas perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Maka kita harus dapat mengisi kemerdekaan ini dengan membangun berbagai macam bidang agar dapat mempercepat tercapainya tujuan bangsa Indonesia.
Guna mencapai tujuan bangsa diharapkan peran serta seluruh bangsa dalam membangun negara, karena kita sebagian besar tidak mengalami  peristiwa perjuangan kemerdekaan, maka perlunya dipahami, dimenegrti akan arti perjuangan para pejuang, niscaya tujuan negara yang diidam-idamkan akan segera terwujud.

3.  Perwujudan Patriotisme dan Nasionalisme dalam kehidupan
Sikap patriotisme dan nasionalisme dapat diwujudkan dalam berbagai lingkungan kehidupan :


a.       Lingkungan keluarga
Jiwa dan semangat patriotisme dapat ditanamkan dan dimulai di lingkungan keluarga, misalnya kita harus selalu berbuat bai kdi lingkungan kita untuk menjaga nama baik keluarga, meelstarikan ketenttraman  keluarga, emmbantu meringankan beban keluarga.
b.      Lingkungan sekolah
Berbagai macam tingkah laku atau kegiatan yang mengacu pada nilai kesopanan dan kebaikan, baik terhadap guru, karyawan maupun teman, mengikuti upacar dengan tertib.
Menajdi anggota OSIS, menjaga nama baik sekolah, menjadi team olah raga, menghidnari tawuran pelajar, menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah dan lain sebagainya.
c.       Lingkungan masyarakat
Sikap patriotisme di masyarakat dapat ditumbuhkan dan dilaksanakan melalui menjaga keamanan lingkungan, menaikkan bendera di depan rumah pada hari besar nasional, membersihkan lignkungan, aktif dalam kegiatan desa dan ikut membela negara bila diperlukan.

Rangkuman

1.      Nasionalisme dapat dibedakan menjadi dua yaitu nasionalisme dalam arti luas dan dalam arti sempit.
2.      Nasionalisme yang dikembanghkan di Indonesia adalah Nasionalisme yang berdasarkan Pancasila.
3.      Patriotisme mengandung arti  yang lebih luas dari ansionalisme, hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri patriotisme.
4.      Karena kondisi bangsa Indonesia maka nasionalisme dan patriotisme sangat  penting untuk kelesatrian kehidupan bangsa Indonesia.
5.      Perjalanan sejarah bansga Indonesai dalam membina dan mengembangkan  nasionalisme maupun patriotisme, dan sebelum kebangkitan nasional sampai proklamasi kemerdekaan.
6.      Perwujudan sikap nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.


Uji Kompetensi

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat !
1.      Nasionalisme dibedakan menjadi nasionalisme dalam arti sempit dan nasionalisme dalam arti luas. Apa yang dimaksud dengan ansionalisme dalam arti luas !
2.      Pandangan bangsa Indonesai terhadap nasionalsime adalah...
3.      Sebutkan daktor-faktor yan gmenyebabkan kegagalan perlawanan rakyat di daerah pada masa perjuangan !
4.      Sebutkan  contoh patriotisme dalam lingkungan sekolah !
5.      Masa kebangkitan nasional disebut sebagai angkatan perintis, jelaskan sebabnya !













Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 6 komentar... read them below or add one }

alimah suriatmi mengatakan...

terimakasih infonya bu, alau saya belum diajarkan yang ini bu :D
patriotisme & nasionalisme sangat penting apalagi untuk para remaja, terkadang lebih mencintai negara lain, contohnya memakai baju bertuliskan i love (negara asing)

siti hafidzoh mengatakan...

Terimakasih materinya bu,
Di materi ini kan menjelaskan tentang sikap nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia terhadap negara tercinta yaitu negara kesatuan Republik Indonesia. Saya mau tanya, jika ada salah seorang warga Indonesia yang berprestasi dalam bidangnya dan Ia sudah dikenal dikancah International, Ia lebih memilih untuk bekerja di luar negri dibandingkan bekerja di dalam negri karena upah yang akan diterima apabila Ia bekerja diluar negri akan berlipat-lipat jumlahnya dibanding apabila Ia bekerja di dalam negri dan ini akan menjadi peluang emas baginya untuk kesuksesan karirnya dimasa depan. Ia rela meninggalkan negara Indonesia, Ia tinggal dan bekerja di luar negri. Apakah sikap tersebut masih merupakan sikap nasionalisme karena Ia kan termasuk warga Indonesia yang berprestasi di luar negri..? haruskah negara Indonesia banggga karena ada salah satu warganya yang berprestasi diluar negri dan bekerja diluar negri meskipun ia tidak tinggal di dalam negri lagi.. ? mohon penjelasannya bu,..
Siti hafidzoh sukmawati XII IPS 1

Guntari Awit Pramulia mengatakan...

Materinya bagus sekali bu, membuat saya jadi lebih mengerti lagii akan semangat nasionalisme dan patriotisme di negara kesatuan kita republik indonesia.Meskipun begitu, apakah semangat nasionalisme itu harus dilakukan denggan tindakan? Seperti sekarang, banyak tokoh-tokoh pejabat negara yang menganggap dirinya mempunyai nasionalisme yang tinggi padahal itu semua tidak seperti fakta yang ada di lapangan.Mereka lebih sering menggunakan produk luar negeri dari pada produk dalam negeri. Merk-merk pakaian yang mereka gunakan pun menjadi gengsi tersendiri. Semakin tinggi jabatan dan gaji mereka saya pikir semakin luntur pula semangat nasionalismenya(meskipun ada beberapa yang tidak). Lantas bagaimana tentang para veteran-veteran yang cenderung terabaikan oleh pemerintah? Bukankah mereka telah memperlihatkan sikap patriotisme mereka dengan bertempur melawan para penjajah dengan segenap jiwan dan raga?? Sekarang ini para veteran tersebut hidup secara pas-pasan. Mengapa tak ada perhatian khusus dari pemerintah? Bahkan cenderung mengabaikan? Bukankah bangsa yang kuat adalah bangsa yang selalu mengingat jasa-jasa para pahlawannya? Tolong tanggapannya bu, terima kasih

Guntari Awit Pramulia XII IPS 1/17

Funny Wildy Wildy mengatakan...

makasih bu materinya... saya perlu sekali materi ini untuk tugas saya...
Sarah Azizah, murid SMA Negeri 2 Samarinda

nursyawary alam mengatakan...

3 contoh perilaku kurang memiliki semangat kebangsaan?

Ahmad Wahyudin mengatakan...

Mari lestarikan rumah-rumah tradisional jawa limasan, joglo dan kampung, jangan sampai keberadaanya tergeser oleh rumah2 modern.
Kami menjual dan membangun kembali rumah-rumah jawa tradisional seperti joglo, limasan dan kampung, kami juga melayani bongkar pasang dan paket pembangunan rumah jawa siap huni

Poskan Komentar