Pages

PAHLAWAN INDONESIA






Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 50 komentar... read them below or add one }

dwi setyo mengatakan...

itulah beberapa pahlawan hebat indonesia. mereka orang-orang yang bisa lepas dari godaan penjajah, dan berani melawan mereka.

beny putra mengatakan...

wah, mereka pantas untuk disebut sebagai pahlawan, karena mereka berani mempertaruhkan nyawa mereka demi membela negara kita, negara Indonesia tercinta dan patut kita jadikan sebagai tuntunan..

Beny Putra K / 07 / XII IPA 3

Yuanita Nita mengatakan...

Hebat pahlawan - pahlawan kita! Perjuangan mereka betul - betul berat, begitu pula dengan kita. Di era yang telah merdeka ini, sebenarnya kita masih harus berjuang. Karena masih banyak tugas kita yang belum selesai, semangat generasi penerus bangsa!
**mohon maaf bila ada penulisan yang kurang tepat ya, Bu.
( Yuanita NPS / 36 / XII IPA 2)

Mohamad Andy Baharuddin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Mohamad Andy Baharuddin mengatakan...

Mereka semua memang manusia-manusia yang pantas untuk disebut pahlawan. Sudah selayaknya kita berterima kasih dan selalu mengingat jasa-jasa mereka. Saya mau bertanya, bagaimana menurut ibu, apakah masyarakat Indonesia masih menghormati pahlawan-pahlawannya? Bagaimana seharusnya keluarga mereka diperlakukan? Kenapa malah banyak kasus keluarga pahlawan-pahlawan yang menjadi sengsara karena rumahnya tergusur dll?
Terima kasih atas jawabannya, bu


Mohamad Andy B./XII IPS 4/25

Risma Nana mengatakan...

tanpa mereka, kita tidak akan bisa hidup seperti sekarang ini...terimakasih pahlawanku...:)
bu, bagaimana dengan para pejuang yang sekarang masih hidup? saya pernah melihat di tv, mereka para pejuang yang harusnya tinggal menikmati kedamaian karena Indonesia telah merdeka, mereka malah hidup dengan segala keterbatasannya. Dan bagaimana tindakan negara seharusnya terhadap para pejuang itu?
NANA RISMANA/XII IPA 3/24

wisnu prabowo mengatakan...

mereka orang orang yang tidak egois,dan mau berjuang demi bangsa indonesia.
mereka berjuang dalam berbagai aspek,tidak hanya dengan cara berperang. kita juga harus berjuang melawan penjajah yang saat ini menjajah bukan dengan perang melainkan dengan menjajah ekonomi kita dan dibidang lainnya..
wisnu prabowo/XII IPA 3/31

danu sicupliz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
danu sicupliz mengatakan...

mereka adalah para pejuang indonesia yang telah gigih memperjuangkan kemerdekaan indonesia,oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus meneladani mereka . sehingga kita sebagai generasi muda akan lebih baik lagi dari generasi yang sekarang dengan meneladani para pejuang kita ini .
WIRANTO PRABANDANU
XII IPA 4
31

N. Ika Pratiwi mengatakan...

Mereka adalah pahlawan yang sangat luar biasa! Pahlawan Indonesia sebenarnya sangatlah banyak. Kita pun dapat menjadi PAHLAWAN. Bukan dengan mengangkat senjata atau bergerilya. Tapi kita wajib memajukan bangsa Indonesia yang saat ini sedang berkembang dan butuh generasi muda yang mampu membawa Indonesia menggapai tujuannya. Semangat!
NINGSIH IKA PRATIWI/XII IPA 2

eko agus mengatakan...

Ir. Soekarno pernah mengatakan "perjuanganku mudah karena melawan penjajah, namun perjuanganmu akan sulit karena melawan bangsamu sendiri"

jadi kita harus bisa meneruskan perjuangan para pahlawan indonesia untuk melawan penjajah jaman sekarang misalnya koruptor ya bu...?

eko agus purwanto/XII IPA 3/13

little lion mengatakan...

mereka semua adalah pahlawan yang telah membuat Indonesia merdeka sehingga kita bisa menikmati semua kemerdekaan ini. Sebagai generasi muda seharusnya kita melanjutkan perjuangan mereka bukan hanya dengan cara berperang,tapi bisa juga belajar agar Indonesia memiliki generasi yang cerdas yang tidak mudah diperbudak oleh bangsa lain.
ZAKIA WIDAYANTI / XII IPA 4/34

Hanina Desi Pratama mengatakan...

Mereka adalah pahlawan-pahlawan yang sangat berjasa bagi negara Indonesia yang kita cintai ini :D
Pahlawan-pahlawan yang rela berkorban dan memberikan segalanya untuk Indonesia.
Pahlawan-pahlawan yang berani melawan penjajah demi memberikan kemerdekaan untuk Indonesia.Dan pahlawan-pahlawan yang berusaha membawa rakyat Indonesia keluar dari zaman kebodohan :)

Memasang gambar pahlawan-pahlawan di lembar uang rupiah, menurut saya adalah salah satu upaya yang bagus yang dilakukan oleh pemerintah untuk membantu kita mengenang mereka dan tidak melupakan jasa-jasa mereka :)

Bu, saya kan pernah tertarik dengan perjalanan hidup seorang tokoh masyarakat, yaitu Maria Ulfah Soebadio.
Nah, saya hanya mau usul bu. Bagaimana jika di dalam blognya Bu Herry yang bagus dan mendidik ini, dimuat juga perjalanan hidup seorang tokoh masyarakat yang dimana perjalanan hidupnya itu memiliki banyak nilai-nilai kehidupan yang baik yang dapat kita ambil, sehingga nilai-nilai hidupnya yang baik dapat kita contoh agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi Bu :)
Sekian komentar dari saya. Maaf jika terlalu panjang ya Bu. Terimakasih :)

Hanina Desi P./XII IPA 3/18

danu sicupliz mengatakan...

Tanpa beliau beliau ini, mungkin para penjajah maasih menjajah negeri kita,dan mungkin kita tidak akan merasakan kebahagian seperti ini.Jaya pahlawan pahlawan Indonesia,jasa mu selalu mengalir didalam darah ku.

Nama :Ganang Baskara
Kelas:XII IPA 5
Nomor:17

anas fhero mengatakan...

Dapat dibayangkan bagaimana nasib Indonesia jika tidak ada mereka saat itu. Merekalah yang sangat berpengaruh dalam perjuangan melawan penjajah. Seakan tak kenal lelah, nyawapun mereka korbankan demi mencapai sebuah kemerdekaan.Sungguh besar jasamu para pahlawan!
Perjuangan tidak bisa berheni saat kemerdekaan telah diraih. kita wajib melanjutkan perjuangan mereka dengan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang dapat membanggakan Indonesia. salah satu contoh Perjuangan nyata yang harus kita lakukan yaitu menjaga persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa Indonesia ditengah banyaknya permasalahan yang menimpa bangsa ini.
mari satukan kekuatan untuk memajukan Indonesia !
Anas Ferhonika_XII IPA-5_03

Agung Hendro Pamungkas mengatakan...

keberanian mereka ,pengorbanan mereka dan mereka berani mati untuk menjadikan negara Indonesia merdeka agar anak cucu mereka bahagia,sungguh luar biasa perjuangannya.Semoga banyak pahlawan-pahlawan lain yang lahir dan meneruskan perjuangannya walaupun bukan dengan mengangkat senjata atau bambu rucing..
Agung Hendro P XII IPA3/02

Rahma Fardiana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Rahma Fardiana mengatakan...

Tampak gagah pahlawan Indonesia kita ini. Semangat juangnya saja bisa tertransfer kedalam jiwa ketika menatap foto ini. Pahlawan yang sangat sangat sangat berjasa dalam perjuangan Bangsa Indonesia. Dengan gigih mempertahankan daerah dari penjajah, dengan gigih membela Tanah AIr Indonesia. Kemerdekaan yang telah diraih berkat perjuangan seluruh pahlawan dan rakyat Indonesia ini sungguh anugerah dari Yang Kuasa. bersyukr kita lahir dijaman kemerdekaan. jangan sampai keringat dan darah yang menjadi korban perjuangan, dengan lambat laun dijajah lagi oleh penjahat, penjajah kejam!! jangan sampai penjahat merampas kemerdekaan kita!! jangan sampai kita lengah dalam menjaga dan mendiami NKRI !! mari kita contoh perjuangan pahlawan negara dalam kehidupan sehari-hari, dengan menhadikan semangat pahlawan dalam belajar di sekolah, agar cita-cita kita semua tercapai (amin) karena kitalah penerus perjuangan Bangsa Indonesia, Bangsa yang hebat!! INDONESIA, FIGHTING!!!!

Rahma Fardiana / XII IPA1 / 28

zain azmii mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
zain azmii mengatakan...

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pahlawan yang telah membebaskan bangsa ini dari penjajah. Dari foto-foto mereka, terlihat wajah mereka yang pemberani dan tegas. Pantas saja jika mereka berhasil mengusir para penjajah yang mengusik ketentraman bangsa Indonesia. Terima kasih para pahlawan, jasamu akan selalu terkenang dalam hatiku.

Zain Azmii N.F/ XII IPA 3/ 33

Taranida Hanifah mengatakan...

Yaa itulah wajah-wajah beberapa pahlawan kita. Pahlawan Indonesia yang telah berjuang keras, mengorbankan segalanya demi kejayaan bangsa Indonesia. Mereka rela bertaruh nyawa untuk mengibarkan “Bendera Merah Putih”. Itu semua mereka lakukan demi bangsa Indonesia tercinta dan kesejahteraan anak cucu mereka kelak. Dan seperti yang kita nikmati saat ini. Sunggu saya sangat bangga dan berterima kasih kepada mereka. Kalau bukan karena jasa mereka, mungkin kita tidak akan pernah bisa hidup damai di Indonesia hingga saat ini.
Terima kasih para pahlawan tercinta. Jasamu akan selalu kukenang di dalam hatiku.
Oia bu herry, saya mau bertanya bu. Sebenarnya apakah ada pahlawan yang masih hidup hingga saat ini? Beberapa waktu lalu saya sempat melihat di televisi, ada seorang kakek yang dulu ikut berjuang melawan penjajah memebela bangsa Indonesia dan masih bisa selamat hingga saat ini. Kini kakek itu hidup dalam segala keterbatasannya. Ia bekerja sebagai pedagang mainan yang berkeliling menjajakan barang dagangannya menggunakan sepeda tua miliknya. Dan jujur saya tidak menyangka bahwa seorang pahlawan diperlakukan seperti itu di zaman sekarang. Tidak sepantasnya beliau yang dulu memberikan jasanya demi kejayaan bangsa kini tak dihiraukan. Sebenarnya bagaimana tindakan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap pahlawan yang selamat? Apakah pahlawan tidak begitu dihargai oleh pemerintah dan masyarakat saat ini? Atau mereka (masyarakat dan pemerintah) tak mengetahuinya? Ataukah jasa pahlawan hanya dihargai pada zaman dulu? Jujur bu, saya merasa iba dan ingin membantu beliau, menurut bu Herry apakah yang bisa saya lakukan? Sebelumnya terima kasih atas jawabannya dan posting mengenai pahlawan ini bu..  maaf yaa bu kalau komentarnya terlalu panjang..

TARANIDA HANIFAH - XII IPA 4 - 28

mahanani retnaning mengatakan...

Terima kasih untuk pahlawan-pahlawan Indonesia. Sampai saat ini, kami bisa merasakan nikmatnya kemerdekaan dan kami akan terus mengingat bahwa kemerdekaan ini tidak terlepas dari jerih payahmu.
Dan generasi penerusmu ini ingin membuatmu tersenyum dengan tindakan-tindakan positif dalam mengisi kemerdekaan.
Mahanani Retnaningtyas / XII IPA 3/ 22

Ravinda Tyas Kusumaningrum mengatakan...

mereka memang pahlawan-pahlawan Indonesia yang perjuangannya akan selalu terukir di negara ini .Jasa mereka memang sangat tak sebanding dengan orang-orang sekarang yang telah jauh dari masa kemerdekaan, sedangkan pahlawan-pahlawan itu justru yang memperjuangkannya untuk Indonesia merdeka. Seharusnya kita sebagai generasi muda mencontoh besarnya jasa-jasanya dan tidak hanya memajang namanya saja atau sekedar tau, namun seharusnya juga mengerti peran mereka selama ini ..

Ravinda Tyas Kusumaningrum / XII IPS 2

Rihayatin Xiv mengatakan...

memeng pahlawan tanpa tanda jasa,yang perlu di tiru oleh para penerusnya. tapi sayangnya, sekarang sudah tidak banyak lagi orang yang memiliki rasa nasionalisme seperti beliau beliau para pahlawan yang terdahulu. seperti pada bulan agustus ini yang semestinya setiap keluarga mengibarkan bendera merah putih di depan rumahnya, masih ada saja yang tidak melakukannya. padahal hanya sekedar mengibarkan saja. tidak seperti dulu yang harus mempertaruhkan nyawanya untuk mengibarkan bendera merah putih...
Rihayatin/XII IPS 4/33

Aziz Sandy Putra mengatakan...

Sungguh luar biasa pengorbanan para pahlawan pejuang Indonesia. Mereka rela mengorbankan segala waktu, materi, tenaga, bahkan nyawa demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Mungkin apabila saya hidup di masa penjajahan, saya tidak memiliki keberanian setangguh mereka. Saya tidak tahu harus membalas perjuangan mereka dengan cara apa, yang jelas saya hanya bisa mendoakan mereka agar diterima disisi-Nya dan mengisi kemerdekaan tersebut dengan hal-hal positif semampu saya. Merdeka!

Dani Setiadi mengatakan...

Pengorbanan yang tak tergantikan.
Semua perjuangan mereka, para pahlawan, telah membuat Indonesia terbebas dari para penjajah. Meskipun saya tidak hidup pada masa itu, tapi saya tahu, bahwa mereka adalah orang-orang yang hebat, yang rela mati untuk melihat negaranya merdeka. Sebuah pengorbanan yang menguras fisik dan batin. Sebuah keikhlasan dalam berjuang.
Kini tinggal bagaimana kita memajukan bangsa Indonesia, bagaimana kita membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan yang justru dilakukan oleh warga negaranya sendiri.
Semangat nasionalisme!

LIFE IS A DRAMA mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb..
Melihat beberapa foto di atas, mengingatkan kita pada perjuangan bangsa ini kurang lebih satu abad yang lalu. Mengingatkan kita pada pertumpahan darah yang terjadi dan mengingatkan kita pada pengorbanan para orang tua kita dahulu. Namun foto itu hanyalah setitik kecil dari banyaknya pahlawan negeri ini.

Dan saya baru menyadari Bu, bahwa kita juga bisa menjadi pahlawan layaknya mereka. Dengan belajar sungguh-sungguh untuk kemajuan pendidikan Indonesia, dengan menjaga kelestarian budaya dan alam Indonesia, dengan berpartisipasi secara jujur dalam politik Indonesia, dsb.
Meski tidak melalui pertarungan raga, pertumpahan darah, dsb, namun dengan mengamalkan dasar negara kita, Pancasila, dalam kehidupan kita, secara tidak langsung kita telah menjadi pahlawan tanah air.

Berjuanglah Pemuda Indonesia!!

apa yang perlu kau ragukan lagi untuk membangun negrimu sendiri?

Faatihah Hijriyahtia_XII Ipa5_15

Sweetenia Zhea mengatakan...

ibu, saya mau meminta pendapat ibu. menurut ibu, bagaimanakah potret pemuda-pemudi Indonesia zaman sekarang? terutama dalam hal revitalisasi nilai-nilai kepahlawanan? seperti yang kita ketahui bersama, di zaman sekarang, banyak sekali penerus bangsa yang seakan 'meninggalkan' berbagai nilai luhur dalam diri pahlawan kita. menyikapi ini, bagaimana pandangan ibu guna membangun karakter generasi muda yang semakin 'berhati luhur dan mulia' ??
terima kasih sebelumnya... ^_^

*Risda Amanda_XII-IPS-3*

Hanna Suliatun mengatakan...

Beliau-beliau adalah orang yang berani bermimpi dan berani mewujudkan mimpi tersebut. Berkat penyertaan Tuhan perjuangan mereka membuahkan hasil.
Indonesia begitu kaya, baik budaya dan hasil buminya. Bahkan dari orang-orang yang mau berjuang seperti para pahlawan di atas pun, kita dapat belajar banyak
Suliatun/ XII IPA 3/ 30

Nugraha Estri mengatakan...

Ada sebuah lagu yang salah satu penggalan liriknya begitu menarik, seperti inilah kira-kira liriknya "sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia" . ya itu adalah penggalan lirik dari ibu kita Kartini. Tapi lirik itu bukan hanya mencerminkan atau menjelaskan besarnya perjuangan Kartini untuk Indonesia. tetapi pahlawan-pahlawan diatas, dan seluruh pahlawan memiliki jasa yang besar untuk Indonesia yang berawal dari cita-cita mulia mereka untuk memperjuangkan Indonesia.

Nugraha Estri S
XII IPA 3/25

Eva mengatakan...

Indonesia adalah negara yang sangat sangat indah..Tidak percuma pahlawan bertaruh nyawa untuk memerdekakan bangsa kita ini..Tinggal bagaimana kita bisa mempertahankan negara kita..Berjuanglah teman-teman!! Kitalah yang akan memimpin bangsa ini di masa depan..Jadilah pemimpin yang adil, jujur dan menghormati sesama sesuai dengan sila-sila dalam Pancasila..Gunakanlah Pancasila sebagai pedoman kita untuk melangkah..
Eva Herawati W. / XII IPS 4

Inggit Kusuma Wardani mengatakan...

Melihat foto para pahlawan saya menjadi teringat perjuangan mereka saat merebut kemerdekan dari para penjajah,mereka sangat gigih,semangat dan pantang menyerah demi mewujudkan indonesia yang merdeka mereka rela berkoban jiwa raga demi indonesia merdeka.Sudah seharusnya kita mengenang jasa para pahlawan tersebut dan sudah seharusnya pula kita meneruskan dan melanjutkan perjuangan mereka.semoga para pahlawan indonesia mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT.Amin

Inggit Kusuma W/XII IPA 5/19

rintis agun mengatakan...

Saya bangga dengan pahlawan-pahlawan Indonesia yang berjuang dengan ikhlas demi Indonesia kita ini sehingga Indonesia bisa merdeka seperti sekarang ini. Saya berharap pemuda-pemudi jaman sekarang bisa berjuang untuk Indonesia agar dapat lebih sejahtera, berjuang tidak selalu harus dengan berperang melawan penjajah, tetapi bisa dengan belajar dan berprestasi. Amin.

Rintis Agun P. XII IPA 2. 29

Yunita Hilda mengatakan...

beliau beliau para pahlawan adalah orang orang yg paling berjasa atas kemerdekaan Indonesia, atas apa yang telah kita miliki sekarang, maka dari itu mari teman teman kita lanjutkan perjuangan mereka, kita majukan Indonesia tercinta menjadi negara yang maju, jauh dari kesengsaraan, semua itu harus kita lakukan untuk menghargai dan mengenang jasa para pahlawan

Yunita Hilda
XII IPA 5/ 33

Zulfa Nurul Latifah mengatakan...

ibu....maaf saya ingin memberi sedikit saran.
Bagaimana kalau foto pahlawan ditambahkan dg foto & profil orang hebat (terutama para pejabat tinggi negara) yg telah memberi banyak perubahan positif terhadap negara kita? Misalnya seperti bapak Dahlan Iskan yg waktu itu pernah ibu ceritakan tentang kehidupannya.

Zulfa Nurul Latifah, XII IPS 3 / 35

isma kazee mengatakan...

Hebat ya, ternyata kita mempunyai pahlawan sejati yang rela berkorban demi bangsanya, mereka hanya ingin agar Indonesia merdeka. Dan sekarang adalah tugas kita untuk menjaga negara yang sudah kita rengkuh berkat banyak perjuangan dari pahlawn kita. Semoga saja kita dapat mengambil sikap positif dari perjuangan mereka melawan penjajah. Amin..
Ishmah Khairina Z. (XII IPA 3/20)

alimah suriatmi mengatakan...

negara yang hebat adalah negara yang mampu menghargai para pahlawannya !
mari kita teruskan perjuangan pahlawan terdahulu dengan cara kita masing-masing agar Indonesia menjadi negara yang hebat!


x-1/02

acces J-Rockstar mengatakan...

melihat beberapa potret pahlawan kita semakin membuat kita sadar akan jerih payah mereka untuk memerdekakan Indonesia. oleh sebab itu, kita sebagai kaum muda penerus bangsa, mari kita bersama-sama menjaga apa yang telah para pendahulu kita perjuangkan. Semangat Indonesia!!

Naila Sofa W.
XII IPA 3 / 23

Dwi Sholehatun mengatakan...

Pahlawan yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia.. pengorbanan mereka tak bisa kita ganti dengan apapun,, hanya bisa kita jaga apa yang telah mereka perjuangkan serta kita teruskan cita-cita mereka sebagai generasi penerus yang baik dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.. ayoo ! ;)

Dwi Sholehatun / XII IPA 5 / 14

Kurniawan Dwi Saputra mengatakan...

Kita patut meniru mereka

walau bukan dalah hal berperang dan rela mati, kita juga bisa berjuang dengan cara mengharumkan Indonesia dengan cara prestasi kita, karena kita masih pelajar. selain itu sebagai warga Negara yang baik sebaiknya kita juga mengamalkan pancasila kita sebagai dasar dan ideology kita.

sikap para pahlawan yang membela Negara, pantang menyerah dan tanpa pamrih pantas kita tiru karena dengan meniru mereka kita akan bisa membawa Indonesia lebih maju.

sudah saatnya kita meneruskan pengorbanan mereka daah berjuang mempertahankan Indonesia. sekarang tongkat estafet ada di tangan kita, tinggal mau di apakan tongkat estafet itu..

JAYA INDONESIAKU...

Kurniawan Dwi Saputra ( XII IPS 2 / 23 )

Annisa Rachmawati mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Annisa Rachmawati mengatakan...

kita patut bangga atas semua perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh pahlawan kita yang terdahulu, ANDAI saja para pejabat kita juga bisa jadi "pahlawan" hehe tapi mungkin butuh waktu lama ya ibu?
Semoga generasi yang sekarang bisa lebih memupuk rasa nasionalisme yang lebih. SEMANGAT !

08 / Annisa Rachmawati / XII IPS 3

luzia pevensie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
luzia pevensie mengatakan...

bangga memiliki pahlawan seperti mereka yang rela mengorbankan nyawa untuk mencapai sebuah kemerdekaan yang sudah kita rasakan ini.
Tinggal bagaimana kita memerangi diri dari hawa nafsu dan sebagai pelajar kita harus memiliki semangat juang seperti mereka, bedanya mereka berjuang dengan bambu rucing sedangkan kita berjuang dengan bolpoint untuk menimba ilmu sedalam-dalamnya :D
Sekar Larasati/XII IPA 2

erik romadoni mengatakan...

suatu kata "pahlawan". Suatu kata yang membuat jantung kita berdegup kencang mendengarnya. Beliau-beliau ini dijuluki pahlawan Indonesia, karena mereka mengorkankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan, kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Kita sekarang harus menghargai dan menghormati perjuangan mereka. Tumbuhkan nasionalisme kita untuk Indonesia.


Erik Febri Romadoni ( XII IPA 1/09 )

Zelika Nidya Damarani mengatakan...

Hebat ya Indonesia punya pahlawan seperti mereka:) saya pernah membaca biografi dari salah satu pejuang wanita kita dahulu yaitu Dewi Sartika. Hal yang menarik itu keunikan Dewi Sartika ketika mengajari teman-temannya yang wanita agar mau belajar membaca dan menulis. Jadi, saat teman-teman Dewi Sartika mendapat surat cinta dari pacarnya, Dewi Sartika yang membacakan suratnya soalnya kan pada ga bisa baca. Tapi sama Dewi Sartika itu bacanya ga sesuai apa yang ditulis. Akhirnya teman-temannya termotivasi untuk belajar agar tidak dibohongi lagi. Keren kan Dewi Sartika itu Bu:)
Coba kalo dulu tidak ada pejuang wanita seperti itu, kita sebagai kaum wanita pasti dipandang rendah selamanya.
Zelika Nidya Damarani
XII IPA 5 / 34

akhi ukhti mengatakan...

bangsa yang besar adalah bangsa yg menghargai sejarahnya, dan bangsa yang hebat juga pasti menghargai pahlawannya.. gambar di atas tentu belum mncapai 1% dari pahlawan indonesia.. nah.. sekarang lah tugas kita melanjutkan perjuangan mereka... lakukan sesuatu yang bermanfaat untuk indonesia... kalau begitu.. sudah siapkah kita menjadi 99% lainnya..??

M.Ilham Malik
XII IPA 1/24

Teguh Priono mengatakan...

mereka adalah orang-orang yang mampu menunjukan bahwa mereka bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik pada negeri ini. semoga kita bisa lakukan hal yang sama. aamiin..

Teguh Priono
XII-IPA 5

machel celona mengatakan...

terima kasi banyak pahlawan ku

Mark mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'pahlawan', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5727/1/Presentasi%20PI.pdf
terima kasih

Poskan Komentar