Pages

NAMA-NAMA RUMAH ADAT DI INDONESIA


NAMA-NAMA RUMAH ADAT DI INDONESIA


1. Rumoh Aceh (Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam)
rumah adat aceh NAD rumah adat tradisional Rumoh aceh Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumoh Aceh
2. Rumah Balai Batak Toba (Rumah Adat Sumatera Utara/Sumut)
rumah adat sumatera utara sumut Rumah tradisional balai batak toba Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Adat Balai Batak Toba
3. Rumah Gadang (Rumah Adat Sumatera Barat/Sumbar)
rumah adat sumatera barat sumbar rumah tradisonal sumbar Rumah gadang Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat
4. Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar (Rumah Adat Kepulauan Riau)
rumah adat kepulauan riau rumah adat tradisional Rumah melayu selaso jatuh kembar Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar Kepulauan Riau
5. Rumah Panggung (Rumah Adat Provinsi Jambi)
rumah adat jambi rumah tradisional rumah panggung jambi Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Panggung Provinsi Jambi
6. Rumah Limas (Rumah Adat Provinsi Sumatera Selatan/Sumsel)
rumah adat sumatera selatan sumsel rumah tradisional rumah limas palembang sumsel rumah limasan Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Limas Palembang Sumatera Selatan
7. Rumah Nuwo Sesat (Rumah Adat Provinsi Lampung)
rumah adat lampung rumah tradisional Nuwo sesat lampung Gambar Rumah Adat Indonesia
Nuwo Sesat Rumah Adat Provinsi Lampung
8. Rumah Bubungan Lima (Rumah Adat Provinsi Bengkulu)
rumah adat bengkulu rumah tradisional bubungan lima bengkulu 300x185 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Bubungan Lima Bengkulu
9. Rumah Kebaya (Rumah Adat Provinsi DKI Jakarta)
gambar rumah adat betawi rumah betawi asli desain rumah khas betawi rumah tradisional betawi rumah kebaya bali 300x225 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Kebaya Rumah Adat DKI Jakarta
10. Rumah Kasepuhan (Rumah Adat Provinsi Jawa Barat)
rumah adat jawa barat jabar rumah adat kasepuhan cirebon jawa barat Gambar Rumah Adat Indonesia
Kasepuhan (Rumah Adat Jawa Barat/Jabar)
11. Rumah Joglo (Rumah Adat Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta)
rumah adat jawa timur jatim rumah joglo jawa timur jatim rumah tradisional jawa timur 300x225 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Joglo Jawa Timur
rumah adat jawa tengah jateng rumah tradisional jateng Rumah joglo jawa tengah 300x225 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Joglo Jawa Tengah
rumah adat yogyakarta rumah adat joglo yogyakarta rumah tradisional jogjakarta 300x225 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Joglo DI Yogyakarta
12. Gapura Candi Bentar (Rumah Adat Provinsi Bali)
rumah adat bali Gapura candi bentar rumah tradisional bali rumah khas bali 300x225 Gambar Rumah Adat Indonesia
Gapura Candi Bentar Bali
13. Dalam Loka Samawa (Rumah Adat Nusa Tenggara Barat/NTB)
rumah adat nusa tenggara barat NTB rumah adat Dalam loka samawa nusa tenggara barat NTB 300x201 Gambar Rumah Adat Indonesia
Dalam Loka Samawa Nusa Tenggara Barat
14. Sao Ata Mosa Lakitana (Rumah Adat Nusa Tenggara Timur/NTT)
rumah adat nusa tenggara timur NTT Sao ata mosa lakitana nusa tenggara timur 300x233 Gambar Rumah Adat Indonesia
Sao Ata Mosa Lakitana NTT
15. Rumah Panjang (Rumah Adat Kalimantan Barat/Kalbar)
rumah adat kalimantan barat rumah adat suku dayak Rumah panjang kalimantan barat kalbar suku dayak 300x163 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Panjang (Rumah Adat Suku Dayak) Kalimantan Barat
16. Rumah Betang (Rumah Adat Kalimantan Tengah/Kalteng)
rumah adat kalimantan tengah kalteng Rumah betang kalimantan tengah kalteng pontianak suku dayak 300x224 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Betang (Rumah Adat Kalimantan Tengah)
17. Rumah Banjar (Rumah Adat Provinsi Kalimantan Selatan/Kalsel)
rumah adat kalimanten selatan kalsel Rumah banjarmasin rumah banjar kalimantan selatan kalsel 300x225 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Banjar (Rumah Adat Kalimantan Selatan)
18. Rumah Lamin (Rumah Adat Provinsi Kalimantan Timur/Kaltim)
Rumah lamin kalimantan timur kaltim rumah adat kalimantan timur 300x198 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Lamin Rumah Adat Kalimantan Timur
19. Rumah Bolaang Mongondow (Rumah Adat Provinsi Sulawesi Utara/Sulut)
Rumah bolaang mongondow sulawesi utara sulut rumah adat sulawesi utara sulut Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Bolaang Mongondow Sulawesi Utara
20. Souraja atau Rumah Raja atau Rumah Besar (Rumah Adat Provinsi Sulawesi Tengah/Sulteng)
rumah Souraja rumah saoraja rumah raja rumah adat sulawesi tengah sulteng 300x200 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Souraja (Rumah Adat Sulawesi Tengah)
21. Laikas (Rumah Adat Provinsi Sulawesi Tenggara/Sultra)
rumah adat sulawesi tenggara rumah rumah Laikas sulawesi tenggara Gambar Rumah Adat Indonesia
Laikas (Rumah Adat Sulawesi Tenggara)
22. Rumah Adat Tongkonan (Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan/Sulsel/Suku Toraja)
rumah adat tongkonan suku toraja rumah adat sulawesi selatan sulsel 300x224 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan
23. Baileo (Rumah Adat Provinsi Maluku)
rumah adat maluku rumah adat Baileo rumah tradisional Baileo Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Adat Baileo
24. Rumah Honai (Rumah Adat Provinsi Papua)
rumah adat irian jaya barat rumah adat papua rumah tradisional papua 300x197 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Honai (Rumah Adat Papua)
25. Rumah Adat Doloupa (Rumah Adat Provinsi Gorontalo)
Rumah Adat Gorontalo rumah adat doloupa gorontalo 300x224 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Adat Doloupa Gorontalo
26. Rumah Adat Bangka Belitung
rumah adat bangka belitung 263x300 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Adat Bangka Belitung
27. Rumah Adat Bugis
rumah adat bugis 300x225 Gambar Rumah Adat Indonesia
Rumah Adat Bugis
Gambar-gambar rumah adat ini sengaja saya up loud,dalam rangka mempertebal semangat nasionalisme anak bangsa,agar lebih mencintai Indonesia,sehingga punya semangat untuk selalu memajukan Negara Indonesia tercinta ini.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 21 komentar... read them below or add one }

Rahma Fardiana mengatakan...

wah bu, unik sekali semua ragam budaya Indonesia, kalo saja sekarang tiap daerah tetap menggunakan rumah adat seperti gambar-gambar diatas, ciri khas Indonesia yang unik, menarik, cantik, beranekaragam akan membuat banyak wisatawan yang penasaran dengan keunikan ini. akan lebih natural dengan Indonesia yang beranekaragam budaya ini. Tidak akan ada kesenjangan sosial yang terlihat seperti sekarang ini, ada yang rumahnya gedongan, tapi disebelahnya ada gubuk kecil. wah, kalau saja semuanya berumah adat seperti diatas, unik banget Indonesia deh!!!!
*Rahma Fardiana / XII IPA 1 / 28*

Hadezttariuz Grazzier mengatakan...

Hary Destianto XII IPA 1 said:kalau saja perbedaan ini menjadi kesadaran kita untuk merasa memiliki dan senantiasa menjaganya..alangkah indah perbedaan dan kekayaan budaya di Indonesia tercinta ini...:)
kitalihat saja dari rumah adatnya..sungguh negara yang menawan...cintaku Indonesia..:)

keep posting Bu...

Rizqi Nefi Marlufi mengatakan...

Bu Herry, sungguh indah dan unik rumah-rumah adat yang ada di Indonesia ini! setiap rumah adat mempunyai corak, ciri khas dan seni tersendiri yang menggambarkan daerahnya. Setiap daerah mempunyai budaya mereka masing-masing yang memperkaya kebudayaan Indonesia itu sendiri... Saya sungguh bangga terlahir di negaraku tercinta Indonesia! negara yang penuh dengan keberagaman budaya, oleh karena itu sebagai generasi muda harus melestarikan dan merawatnya..
saya cinta Indonesia!

Dwi Sholehatun mengatakan...

Betapa indahnya rumah-rumah adat yang bangsa Indonesia miliki. Dari segi corak, bentuk, serta nilai seninya sungguh beraekaragam dan unik. Begitu banyaknya rumah adat serat kebudayaan yang kita miliki, tentunya membuat kita bangga menjadi warga Indonesia dan wajib menjaganya. Mari kita bersama-sama sebagai generasi penerus yang baik menjaga budaya kita agar tetap menjadi milik bangsa Indonesia. AYOO !! ;)

Dwi Sholehatun ( XII IPA 5 / 14 )

Nugraha Estri mengatakan...

Yang namanya Indonesia memang kaya dalam segala hal. Termasuk rumah-rumah adatnya yang begitu indah dan memiliki ciri khas yang beraneka ragam. Seperti semboyan negara kita " Bhineka Tunggal Ika ", masing-masing rumah adat memiliki atau membawa ciri dan karakteristik dari daerahnya masing-masing, tapi seberapapun banyak perbedaannya semua itu adalah milik Indonesia dan kita semua yang sepatutnya kita jaga dan lestarikan. Kalau bukan kita, siapa lagi.?

Eva mengatakan...

Saya sungguh bangga karena saya terlahir di Indonesia..Tak habis - habisnya saya mengagumi karya Tuhan yang telah Ia kerjakan di tanah ini..Sepantasnya kita sebagai generasi yang selanjutnya menjaga dan melestarikan budaya kita agar tidak di "rebut" oleh negara lain..
Eva Herawati W. / XII IPS 4

Anisah Mubarokatin mengatakan...

Ibu Herry, rumah-rumah adat di Indonesia memang sangat unik dan membuat saya penasaran ingin memasuki satu per satu rumahnya... berhubung saya belum pernah ke TMII, hehe :)
saya ingin suatu saat nanti ketika saya sudah bisa membuat rumah sendiri, saya ingin membuat rumah yang arsitekturnya seperti rumah adat Joglo, tapi terbuat dari kayu :)
doakan ya bu, semoga suatu saat saya bisa mewujudkan keinginan saya, dan membantu melestarikan rumah adat Indonesia yang mungkin kini hanya menjadi tujuan wisata di TMII... :)
Anisah Mubarokatin / XII IPA 5 / 04

Anisa Imaniar mengatakan...

Ibu, ini salah satu bukti nyata bahwa Indonesia memiliki banyak budaya yang seharusnya kita banggakan. saya sedikit tdak terima ketika menonton film Alice in the wonderland yang intinya kebudayaan Indonesia tidak lebih kaya daripada china.
Indonesia memang banyak budaya, tapi sekarang sudah jarang yang melestarikannya. semoga kami sebagai generasi penerus bisa melestarikannya. siapa lagi yang bisa melestarikannya selain kita?


Anisa Imaniar N
XII IPA 2
08

mahanani retnaning mengatakan...

Indonesia memang kaya. Salah satunya dengan rumah adat yang beranekaragam bentuknya. Rumah adat dari masing-masing daerah memang berbeda-beda, tetapi walaupun berbeda-beda tetap ada kesamaannya yaitu sama-sama bagus dan unik.
Mahanani R/XII IPA 3/22

lukisan termurah mengatakan...

terima kasih gan nama-nama rumah adat di indonesia. salam kenal.

Rafi Yusuf mengatakan...

kurang lengkap

SRI LESTARI mengatakan...

thanks.. memang rumah adat di Indonesia sungguh indah. Kita harus bangga dan cinta tanah air Indonesia.

mio akiyama mengatakan...

wow gan blog lo keren banget trus bagus kunjung ngin blog gua dong

barabaiskateboarders.blogspot.com


ty gan

sistempemerintahan-indonesia mengatakan...

bagus sekali bu,,, maju teruss

dwi putri mengatakan...

bagaimana yah kalo rumah seperti itu di bangun di tengah desa yang sudah maju,,apakah mampu bertahan ,,terus jika ada hujan deras apakah msh bsa berdiri?

Von alter Lesehase mengatakan...

bermanfaat....

damar .yanti mengatakan...

nice posting

Chestha Ginanzar mengatakan...

Trimkasih ganz, buat info tradisi rumah adat nusantara nya sangat detail dan bermanfaat buat ane ....

Properti Bekasi
Real Estate Jakarta
Rumah Baru di Bandung
Perumahan Baru

novel lius mengatakan...

Indonesia memang yang paling Indah baiku.. lihat saja rumahnya, begitu indah

Ahmad Wahyudin mengatakan...

Mari lestarikan rumah-rumah tradisional jawa limasan, joglo dan kampung, jangan sampai keberadaanya tergeser oleh rumah2 modern.
Kami menjual dan membangun kembali rumah-rumah jawa tradisional seperti joglo, limasan dan kampung, kami juga melayani bongkar pasang dan paket pembangunan rumah jawa siap huni

Isnan mengatakan...

keunikan ragam budaya indonesia...

www.oemahjowo.web.id

Poskan Komentar